BAB
IV
HASIL
DAN PEMBAHASAN
4.1
Identifikasi variabel dependent dan independent serta kolerasi empirisnya.
Dari refrensi yang di dapat maka diperoleh 1 variabel dependent (Y), yaitu variabel yang
dipengaruhi oleh variabel lain atau variabel terikat. Selain itu juga diperoleh
5 variabel independent (X), yaitu
variabel yang berdiri sendiri atau variabel bebas.
Dalam hal ini, variabel Y berupa kepuasan dan loyalitas
pelanggan terhadap pelayanan warung makan wisti. Sedangkan variabel X terdiri
dari 5 variabel, yaitu:
X1 = Tangibles (Bukti
langsung)
X2 = Reliability
(Kehandalan)
X3 = Responsiveness
(Tanggapan)
X4 = Assurance
(Jaminan)
X5 = Emphaty
(Perhatian)
Selanjutnya dari masing-masing variabel tersebut
dibuat 4 pernyataan yang jawabannya menggunakan variabel linkert.
4.2
IDA dan Data plotting
4.2.1 Variabel Y (
Loyalitas dan kepuasan pelanggan)
4.2.1.1 Variabel Y ( Loyalitas dan
kepuasan pelanggan) pada pertanyaan ke 1
Berikut
ini merupakan tabel frekuensi variabel Y
(Loyalitas dan kepuasan pelanggan) pada pertanyaan ke 1
Tabel
4.1
Variabel
Y ( Loyalitas dan kepuasan pelanggan) pada pertanyaan ke 1
Sumber,Output SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap pelayanan di warung makan
wisti pada pernyataan 1. Maka didapatkan hasil jawaban dari responden sesuai
dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban yang paling banyak
dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 44 dengan persentase
36,7%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah jawaban sangat
setuju sebanyak 8 dengan persentase 6,7%.
Berikut
ini merupakan tabel deskriptif variabel Y (Loyalitas dan kepuasan pelanggan) pada pertanyaan ke 1
Tabel
4.2
Deskriptif
variabel Y ( Loyalitas dan kepuasan pelanggan)
pada pertanyaan ke 1
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 26,17 dan standart deviation sebesar 109,38.
4.2.1.2 Variabel Y (Loyalitas dan
kepuasan pelanggan) pada pertanyaan ke
2
Berikut ini
merupakan tabel frekuensi variabel Y (Loyalitas dan kepuasan pelanggan) pada pertanyaan
ke 2
Tabel
4.3
Variabel
Y ( Loyalitas dan kepuasan pelanggan) pada pertanyaan ke 2
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap pelayanan di warung makan
wisti pada pernyataan 2. Maka didapatkan hasil jawaban dari responden sesuai
dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban yang paling banyak
dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 44 dengan persentase
36,7%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah jawaban sangat
setuju sebanyak 5 dengan persentase 4,2%
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel Y (Loyalitas
dan kepuasan pelanggan) pada Pertanyaan
ke 2
Tabel
4.4
Deskriptif
Variabel Y ( Loyalitas dan kepuasan pelanggan)
pada pertanyaan ke 2
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 29,25 dan standart deviation sebesar 0,9802.
4.2.1.3 Variabel Y ( Loyalitas dan
kepuasan pelanggan) pada pertanyaan ke 3
Berikut ini merupakan tabel frekuensi variabel Y (Loyalitas dan kepuasan
pelanggan) pada pertanyaan ke 3
Tabel 4.5
Variabel
Y (Loyalitas dan kepuasan pelanggan) pada pertanyaan ke 3
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap pelayanan di warung makan
wisti pada pernyataan 3. Maka didapatkan hasil jawaban dari responden sesuai
dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban yang paling banyak
dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 54 dengan persentase 45%.
Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah jawaban sangat setuju
sebanyak 5 dengan persentase 4,2%.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel Y (Loyalitas
dan kepuasan pelanggan) pada pertanyaan
ke 2
Tabel
4.6
Deskriptif
variabel Y (Loyalitas dan kepuasan pelanggan)
pada pertanyaan ke 3
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 28,33 dan standart deviation sebesar 0,9643.
4.2.1.4 Variabel Y (Loyalitas dan kepuasan
pelanggan) pada pertanyaan ke
4
Berikut ini merupakan tabel frekuensi variabel
Y (Loyalitas dan kepuasan pelanggan) pada pertanyaan ke 4
Tabel 4.7
Variabel
Y ( Loyalitas dan kepuasan pelanggan) pada pertanyaan ke 4
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap pelayanan di warung makan
wisti pada pernyataan 4. Maka didapatkan hasil jawaban dari responden sesuai
dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban yang paling banyak
dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 48 dengan persentase 40%.
Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah jawaban sangat setuju
sebanyak 9 dengan persentase 7,5 %.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel Y (Loyalitas
dan kepuasan pelanggan) pada pertanyaan
ke 4
Tabel 4.8
Deskriptif
variabel Y (Loyalitas dan kepuasan pelanggan)
pada pertanyaan ke
4
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 29,08 dan standart deviation sebesar 103,71.
4.2.2 Variabel X1 (Tangibles)
4.2.2.1
Variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 1
Berikut
ini merupakan tabel frekuensi variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 1
Tabel 4.9
Variabel
X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 1
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X1 terhadap pernyataan 1. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban tidak setuju sebanyak
42 dengan persentase 35%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat setuju sebanyak 7 dengan persentase 5,8%.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 1
Tabel 4.10
Deskriptif
variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 1
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5 serta dengan mean sebesar 27,92 dan standart deviation sebesar 106,03.
4.2.2.2
Variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 2
Berikut ini merupakan tabel frekuensi variabel
X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 2
Tabel 4.11
Variabel
X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 2
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X1 terhadap pernyataan 2. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 44
dengan persentase 36,7%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat setuju sebanyak 4 dengan persentase 3,3%.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 2
Tabel 4.12
Deskriptif
variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 2
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 30,25 dan standart deviation sebesar 0,9567.
4.2.2.3
Variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 3
Berikut ini merupakan tabel frekuensi variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 3
Tabel 4.13
Variabel
X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 3
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X1 terhadap pernyataan 3. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban yang
paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 58 dengan
persentase 48,3%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah jawaban
sangat setuju sebanyak 2 dengan persentase 1,7%.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 3
Tabel 4.14
Deskriptif
variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 3
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 29,92 dan standart deviation sebesar 0,8351.
4.2.2.4
Variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 4
Berikut ini merupakan tabel frekuensi variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 4
Tabel 4.15
Variabel
X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 4
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X1 terhadap pernyataan 4. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban tidak setuju sebanyak
36 dengan persentase 30%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat setuju sebanyak 6 dengan persentase 5%.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel X1 (Tangibles) pada pertanyaan ke 4
Tabel 4.16
Deskriptif
variabel X1 pada pertanyaan ke 4
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 29,25 dan standart deviation sebesar 106,24.
4.2.3 Variabel X2
4.2.3.1
Variabel X2 (Reliabillity) pada pertanyaan
ke 1
Berikut ini merupakan tabel frekuensi variabel
X2 (Reliabillity) pada pertanyaan ke 1
Tabel 4.17
Variabel
X2 (Reliabillity) pada pertanyaan ke 1
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X2 terhadap pernyataan 1. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 45
dengan persentase 37,5%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat setuju sebanyak 5 dengan persentase 4,2%.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel X2 (Reliabillity) pada pertanyaan ke 1
Tabel
4.18
Deskriptif variabel X2 pada pertanyaan
ke 1
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 11 dan skala maximum 9,2 serta dengan mean sebesar 9,2 dan standart deviation sebesar 9,2.
4.2.3.2
Variabel X2 (Reliabillity) pada pertanyaan
ke 2
Berikut ini merupakan tabel frekuensi variabel
X2 (Reliabillity) pada pertanyaan ke 2
Tabel
4.19
Variabel X2 (Reliabillity) pada
pertanyaan ke 2
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X2 terhadap pernyataan 2. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 49
dengan persentase 40,8%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat setuju sebanyak 3 dengan persentase 2,5%.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel X2 (Reliabillity) pada pertanyaan ke 2
Tabel
4.20
Deskriptif variabel X2 (Reliabillity)
pada pertanyaan ke 2
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 35 dan standart deviation sebesar 44,2.
4.2.3.3
Variabel X2 (Reliabillity) pada pertanyaan
ke 3
Berikut ini merupakan tabel frekuensi variabel X2 (Reliabillity) pada pertanyaan ke 3
Tabel
4.21
Variabel X2 (Reliabillity) pada pertanyaan ke 3
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X1 terhadap pernyataan 3. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 54
dengan persentase 45%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat setuju sebanyak 5 dengan persentase 4,2%.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel X2 (Reliabillity) pada pertanyaan ke 3
Tabel 4.22
Deskriptif
variabel X2 (Reliabillity) pada pertanyaan ke 3
Sumber : Output
SPSS
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean
sebesar 29,08 dan standart deviation
sebesar 103,71.
4.2.3.4
Variabel X2 (Reliabillity) pada pertanyaan
ke 4
Berikut ini merupakan tabel frekuensi variabel X2 (Reliabillity) pada pertanyaan ke 4
Tabel 4.23
Variabel
X2 (Reliabillity) pada pertanyaan ke
4
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X1 terhadap pernyataan 3. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 54
dengan persentase 45%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat setuju sebanyak 5 dengan persentase 4,2%.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel X2 (Reliabillity) pada pertanyaan ke 4
Tabel 4.24
Deskriptif variabel X2 (Reliabillity) pada pertanyaan ke 4
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 29,08 dan standart deviation sebesar 103,71.
4.2.4
Variabel X3 (Responsiveness)
4.2.4.1
Variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan
ke 1
Berikut ini merupakan tabel frekuensi variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 1
Tabel
4.25
Variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 1
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X3 terhadap pernyataan 1. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 41
dengan persentase 34.2%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat tidak setuju sebanyak 5dengan persentase 4.2%.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 1
Tabel
4.26
Deskriptif variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 1
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 30.917 dan standart deviation sebesar 100.416.
4.2.4.2
Variabel X3 (Responsiveness) pada Pertanyaan
ke 2
Berikut ini merupakan tabel frekuensi variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 2
Tabel
4.27
Variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 2
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X3 terhadap pernyataan 2. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 59
dengan persentase 49.2%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat tidak setuju sebanyak 2 dengan persentase 1.7%.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 2
Tabel
4.28
Deskriptif
variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 2
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 32.417 dan standart deviation sebesar 0.84013.
4.2.4.3 Variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 3
Berikut ini merupakan tabel frekuensi variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 3
Tabel
4.29
Variabel
X3 (Responsiveness) pada pertanyaan
ke 3
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X3 terhadap pernyataan 3. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban setujul sebanyak 51
dengan persentase 42.5% Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat tidak setuju sebanyak 4 dengan
persentase 3.3%.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 3
Tabel
4.30
Deskriptif
variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 3
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 33.417 dan standart deviation sebesar 0.98301.
4.2.4.4
Variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan
ke 4
Berikut ini merupakan tabel frekuensi variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 4
Tabel
4.31
Variabel
X3 (Responsiveness) pada pertanyaan
ke 4
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X3 terhadap pernyataan 4. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 47
dengan persentase 39.2% Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat setuju sebanyak 10 dengan persentase 8.3%.
Berikut ini merupakan tabel deskriptif variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 4
Tabel
4.32
Deskriptif
variabel X3 (Responsiveness) pada pertanyaan ke 4
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 34.083 dan standart deviation sebesar 0.83511.
4.2.5 Variabel X4
4.2.5.1
Variabel X4 (Assurance) pada Pertanyaan
ke 1
Berikut
ini merupakan tabel frekuensi variabel X4 (Assurance)
pada pertanyaan ke 1
Tabel
4.33
Variabel
X4 (Assurance) pada pertanyaan ke 1
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X4 terhadap pernyataan 1. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 36
dengan persentase 30.0%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat setuju sebanyak 7 dengan persentase 5.8%.
Berikut
ini merupakan tabel deskriptif variabel X4 (Assurance)
pada pertanyaan ke 1
Tabel
4.34
Deskriptif variabel X4 (Assurance) pada pertanyaan ke 1
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 29.580 dan standart deviation sebesar 107.668.
4.2.5.2
Variabel X4 pada pertanyaan ke 2
Berikut
ini merupakan tabel frekuensi variabel X4 (Assurance)
pada pertanyaan ke 2
Tabel
4.35
Variabel X4 (Assurance)
pada pertanyaan ke 2
Sumber : Output
SPSS
Pada tabel diatas dapat disimpulkan
dari 120 responden yang mengisi kuesioner tentang variabel X4 terhadap
pernyataan 2. Maka didapatkan hasil jawaban dari responden sesuai dengan skala
penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban yang paling banyak dipilih oleh
responden adalah jawaban setuju sebanyak 53 dengan persentase 44.2%. Sedangkan
jawaban yang paling sedikit dipilih adalah jawaban sangat tidak setuju sebanyak
1dengan persentase 8%.
Berikut
ini merupakan tabel deskriptif variabel X4 (Assurance)
pada pertanyaan ke 2
Tabel
4.36
Deskriptif
variabel X4 (Assurance) pada pertanyaan
ke 2
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 34.167 dan standart deviation sebesar 0.84598.
4.2.5.3
Variabel X4 pada pertanyaan ke 3
Berikut
ini merupakan tabel frekuensi variabel X4 (Assurance)
pada pertanyaan ke 3
Tabel
4.37
Variabel
X4 (Assurance) pada pertanyaan ke 3
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel x4 terhadap pernyataan 3. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 46
dengan persentase 38.3%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat tidak setuju sebanyak 2dengan persentase 1.7%.
Berikut
ini merupakan tabel deskriptif variabel X5 (Emphaty)
pada pertanyaan ke 3
Tabel
4.38
Deskriptif
variabel X4 (Assurance) pada pertanyaan
ke 3
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 33.917 dan standart deviation sebesar 0.89156.
4.2.5.4
Variabel X4 pada pertanyaan ke 4
Berikut ini
merupakan tabel frekuensi variabel X4 pada pertanyaan ke 4
Tabel
4.39
Variabel
X4 (Assurance) pada pertanyaan ke 4
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel x4 terhadap pernyataan 4. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 49
dengan persentase 40.8%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat setuju sebanyak 9 dengan persentase 7.5%.
Berikut
ini merupakan tabel deskriptif variabel X4 (Assurance)
pada pertanyaan ke 4
Tabel
4.40
Deskriptif variabel X4 (Assurance) pada pertanyaan ke 4
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 30.250 dan standart deviation sebesar 102.459
4.2.5 Variabel X5
4.2.5.1
Variabel X5 (Emphaty) pada pertanyaan
ke 1
Berikut
ini merupakan tabel frekuensi variabel X5 (Emphaty)
pada pertanyaan ke 1
Tabel
4.41
Variabel
X5 ( Emphaty) pada pertanyaan ke 1
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel X5 terhadap pernyataan 1. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 33
dengan persentase 27.5%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat tidak setuju sebanyak 10 dengan persentase 8.3%.
Berikut
ini merupakan tabel deskriptif variabel X5 (Emphaty)
pada pertanyaan ke 1
Tabel
4.42
Deskriptif
variabel X5 (Emphaty) pada pertanyaan ke 1
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 31.250 dan standart deviation sebesar 117.081.
4.2.5.2
Variabel X5 (Emphaty) pada pertanyaan
ke 2
Berikut
ini merupakan tabel frekuensi variabel X5 (Emphaty)
pada pertanyaan ke 2
Tabel
4.43
Variabel
X5 (Emphaty) pada pertanyaan ke 2
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel x5 terhadap pernyataan 2. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban setuju sebanyak 49
dengan persentase 40.8%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat tidak setuju sebanyak 4 dengan persentase 3.3%.
Berikut
ini merupakan tabel deskriptif variabel X5 (Emphaty)
pada pertanyaan ke 2
Tabel
4.44
Deskriptif
variabel X5 (Emphaty) pada pertanyaan ke 2
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 33.917 dan standart deviation sebesar 0.94643
4.2.5.3
Variabel X5 ( Emphaty) pada pertanyaan
ke 3
Berikut
ini merupakan tabel frekuensi variabel X5 (Emphaty)
pada pertanyaan ke 3
Tabel
4.45
Variabel
X5 (Emphaty) pada pertanyaan ke 3
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel x5 terhadap pernyataan 2. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban
yang paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban netral sebanyak 59
dengan persentase 49.2%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah
jawaban sangat tidak setuju sebanyak 4 dengan persentase 3.3%.
Berikut
ini merupakan tabel deskriptif variabel X5 (Emphaty)
pada pertanyaan ke 3
Tabel
4.46
Deskriptif
variabel X5 (Emphaty) pada pertanyaan ke 3
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 30.833 dan standart deviation sebesar 0.85586.
4.2.5.4
Variabel X5 (Emphaty) pada pertanyaan
ke 4
Berikut
ini merupakan tabel frekuensi variabel X5 (Emphaty) pada pertanyaan ke 4
Tabel
4.47
Variabel
X5 (Emphaty) pada pertanyaan ke 4
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel diatas dapat disimpulkan dari 120 responden yang mengisi kuesioner
tentang variabel x5 terhadap pernyataan 4. Maka didapatkan hasil jawaban dari
responden sesuai dengan skala penilaian yang sudah ditentukan. Untuk jawaban yang
paling banyak dipilih oleh responden adalah jawaban setuju sebanyak 47 dengan
persentase 39.2%. Sedangkan jawaban yang paling sedikit dipilih adalah jawaban sangat
tidak setuju sebanyak 4dengan persentase 3.3%.
Berikut
ini merupakan tabel deskriptif variabel X5 (Emphaty)
pada pertanyaan ke 4
Tabel
4.48
Deskriptif
variabel X5 (Emphaty) pada pertanyaan ke 4
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Pada
tabel di atas dapat diketahui bahwa jumlah responden sebanyak 120 orang dengan
skala minimum 1 dan skala maximum 5, serta dengan mean sebesar 32.667 dan standart deviation sebesar 105.904.
4.3
Uji validitas dan reliabilitas
4.3.1 Uji validitas
Uji
validitas adalah suatu langkah pengujian yang dilakukan terhadap isi (content) dari suatu instrumen, dengan
tujuan untuk mengukur ketepatan instrumen yang digunakan dalam suatu penelitian
Mengetahui sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu instrumen pengukuran
dalam melakukan fungsi ukurnya. Agar data yang diperoleh bisa relevan/sesuai
dengan tujuan diadakannya pengukuran tersebut.
Hipotesis:
H0 : Data realibility loyalitas dan kepuasan pelanggan
wisti valid
H1
: Data realibility loyalitas
dan kepuasan pelanggan wisti tidak valid
Pengambilan keputusan :
Jika sig <
(0,05) maka terima H0
Jika sig >
(0,05) maka tolak H0
Uji validitas yang dilakukan pada variabel-variabel
pelayanan wisti terhadap pelanggan, didapatkan hasil sebagai berikut:
Berikut ini merupakan tabel Uji
validitas pada variabel pelayanan
wisti terhadap pelanggan
Tabel
4.49
Uji
validitas pada variabel pelayanan
wisti terhadap pelanggan
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Dari analisa data diatas dapat disimpulkan bahwa
validasi dan respon pelanggan terhadap pelayanan wisti mendapatkan nilai <
0.05 dan keputusan pelayanan wisti terhadap pelanggan dinyatakan valid.
4.3.2 Uji Reliabilitas
Uji Reliabilitas
adalah uji statistik yang digunakan guna menentukan reliabilitas serangkaian item pertanyaan dalam kehandalannya
mengukur suatu variabel.
Hipotesis :
H0 = data reliable
H1 =
data tidak reliable
Pengambilan keputusan :
Jika Rtabel < nilai Cronbach's Alpha maka terima H0
Jika Rtabel > nilai Cronbach's Alpha maka tolak H0
Berikut merupakan tabel
analisis uji reliabilitas pada
variabel loyalitas dan kepuasan pelanggan
Tabel 4.50
Uji reliabilitas pada variabel loyalitas
dan kepuasan pelanggan
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Dari
tabel diatas dapat dikatahui bahwa data untuk loyalitas
dan kepuasan pelanggan reliable.
Karena nilai Cronbach’s Alpha lebih
besar dari Sig. tabel R2 arah, yaitu
0.859 > 0.6.
4.4.
Uji Asumsi
4.4.1 Uji
Multikolinieritas
Tujuan Uji
Multikolinieritas adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan korelasi antara
variabel dependent dengan variabel dependent yang lainnya.
Tujuan Uji Multikolinieritas
Hipotesis:
H0
= Terdapat multikolinieritas
H1 = Tidak terdapat multikolinieritas
Pengambilan keputusan:
VIF < 10, maka tolak H0
VIF > 10, maka terima H0
Berikut ini merupakan tabel Uji
Multikolinieritas
Tabel 4.51
Uji Multikolinieritas pada Coefficients (X1, X2, X3, X4,
dan X5 )
Sumber : Output
SPSS
Dari tabel di atas data
diketahui bahwa nilai VIF dari variabel x1, x2, x3, x4 dan x5 kurang dari 10,
sehingga tolak Ho maka tidak terdapat multikolinieritas.
4.4.2
Analisa heterokedestisitas.
Tujuan Uji heterokedestisitas adalah untuk mengetahui rasio variansi
reside terhadap variansi totalnya.
Hipotesis
H0 : Variabel tidak bersifat
heterokedastisitas
H1 : Variabel bersifat
heterokedastisitas
Pengambilan keputusan
Jika sig.2-tailed > 0,05 maka terima H0
Jika sig.2-tailed < 0,05 maka tolak H0
Berikut ini merupakan tabel Uji
heterokedastisitas
Tabel 4.52
Uji
heterokedastisitas pada variabel (X1,X2,X3,X4 dan X5)
Sumber : Output
SPSS
Dari
tabel di atas dapat diketahui bahwa nilai sig 2-tailed yang dimiliki oleh
variabel x1, x2, x3, x4 dan x5 lebih dari 0.05 maka terima Ho yang berarti
bahwa variabel x1, x2, x3, x4 dan x5 tidak bersifat heteroskedastisitas. Karena
tidak heteroskedastisitas maka regresi dapat dilanjutkan ke uji klasik
autokorelasi.
4.4.3 Analisa Autokolerasi.
Tujuan uji autokolerasi adalah
untuk melihat apakah terjadi korelasi antara suatu periode t dengan periode
sebelumnya (t - 1). Secara sederhana adalah bahwa analisis regresi adalah untuk
melihat pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat.
Pengambilan
keputusan
du
≤ DW ≤ (4 – du) maka tidak terdapat
autokorelasi
Berikut
ini merupakan tabel uji autokolerasi
Tabel
4.53
Uji autokolerasi pada nilai durbin - watson
Sumber : Output
SPSS
Dar tabel di atas dapat
diketahui bahwa nilai durbin-watson
adalah 2,236, dengan nilai K atau jumlah variabel independent yaitu 5 sehingga
pada tabel durbin-watson diperoleh
nilai dl = 1,441 dan du = 1,674. Dengan nilai tersebut maka dapat diketahui
nilai 4-du= 2,326 , maka DW<(4-du) dan DW<du sehingga data tidak terdapat
autokorelasi.
4.4.4 Uji kenormalan.
Tujuan
uji normalitas berguna untuk menentukan data
yang telah dikumpulkan berdistribusi normal atau diambil dari populasi normal.
Hipotesis:
H0
= Data berdistribusi normal
H1
= Data tidak berdistribusi normal
Pengambilan
keputusan:
Sig > 0.05, maka terima H0
Sig < 0.05, maka tolak H0
Berikut ini merupakan tabel Test Of Normality
Tabel 4.54
Test
Of Normality
Analisa:
Tabel diatas merupakan tabel outputan dari SPSS dalam pengujian test
of normality dapat dilihat bahwa nilai sig
yang di dapatkan dari uji normalitas yaitu sebesar 0.200 maka dalam
pengambilan keputusan data yang sudah di dapatkan yaitu berdistribusi normal
karena nilai sig lebih dari 0,05.
Berikut ini merupakan gambar Diagram
Histrogam dari test of normality
Gambar 4.2 Histrogam dari test of normality
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Gambar diatas merupakan
gambar histrogam pada uji normalitas dari gambar diatas dapat dilihat bahwa
nilai mean yang dihasilkan yaitu
sebesar 74,04 dan standart deviasi sebesar 11,808 sedangkan banyaknya data yang
di olah yaitu sebesar 130 data.
Berikut
ini merupakan gambar normal Q-Q plot dari test
of normality
Gambar 4.3 normal Q-Q plot dari test of normality
Sumber
: Output
SPSS
Analisa:
Gambar
diatas merupakan gambar normal Q-Q
plot dari test of normality
dari gambar diatas dapat dilihat bahwa sebaran titik yang terjadi pada garis
yaitu berbentuk searah dan sebaran tidak terlalu jauh dari garis maka dari situ
dapat di simpulkan bahwa data yang di hasilkan berdistribusi normal.
4.5 Penentuan Variabel Signifikan
Pengujian
ini digunakan untuk mengetahui variabel-variabel independent yang signifikan berpengaruh terhadap nilai
variabel dependentnya dan variabel mana yang tidak signifikan terhadap variabel dependentnya.
Berikut ini merupakan
tabel hasil pengujian signifikansi
variabel independent terhadap variabel dependent
Tabel 4.55
Uji Variabel Signifikan
Sumber
: Output
SPSS
Analisa:
Dari
tabel di atas dapat diketahui bahwa variabel x1, x2, x3, x4 dan x5 enter yang berarti bahwa pada metode enter semua variabel x digunakan,
sedangkan setelah digunakan variabel backward
variabel x2 dan x1 remove yang
berarti bahwa variabel x2 dan x1 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y sedangkan variabel x3, x4 dan x5
berpengaruh signifikan terhadap
variabel Y, sehingga variabel x1 dan x2 dalam uji selanjutnya tidak digunakan
lagi.
Berikut ini merupakan tabel uji variabel
signifikan
Tabel 4.56
Uji variabel signifikan pada tabel coefficie
Sumber
: Output
SPSS
Analisa:
Dari
tabel di atas dapat diketahui bahwa variabel x1, x2, x3, x4 dan x5 enter yang berarti bahwa pada metode enter semua variabel x digunakan,
sedangkan setelah digunakan variabel backward
variabel x2 dan x1 remove yang
berarti bahwa variabel x2 dan x1 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y sedangkan variabel x3, x4 dan x5
berpengaruh signifikan terhadap
variabel Y, sehingga variabel x1 dan x2 dalam uji selanjutnya tidak digunakan
lagi.
4.6 Pembuatan model-model regresi
4.6.1
Single factor
4.6.1.1 Regresi Y (loyalitas
dan kepuasan pelanggan) dengan X3 (Responsiviness)
Berikut ini merupakan tabel uji regresi Y
(loyalitas dan kepuasan pelanggan) dengan X3 (Responsiviness)
Tabel 4.57
Uji regresi
Y (loyalitas dan kepuasan pelanggan)
dengan X3 (Responsiviness)
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Dari tabel di atas dapat diketahui
bahwa hubungan variabel x3 terhadap variabel y memiliki nilai konstanta B
sebesar 5,037 dengan std.error sebesar 1,278 sedangkan
variabel x3 memiliki nilai B sebesar 0.477, std.error
sebesar 0.096 dan Beta sebesar 0.417.
4.6.1.4
Regresi Y (loyalitas dan kepuasan pelanggan) dengan X4 (Assurance)
Berikut
ini merupakan tabel uji regresi Y (loyalitas
dan kepuasan pelanggan) dengan X4 (Assurance)
Tabel 4.58
Uji regresi
Y ( loyalitas dan kepuasan pelanggan)
dengan X4 (Assurance)
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa hubungan
variabel x4 terhadap variabel Y memiliki nilai konstanta B sebesar 4,125 dengan std.error
sebesar 1,268 sedangkan variabel x4 memiliki nilai B sebesar 0.56, std.error sebesar 0.097 dan Beta sebesar 0.468.
4.6.1.5
Regresi Y (loyalitas dan kepuasan
pelanggan) dengan X5 (Emphaty)
Berikut
ini merupakan tabel uji regresi Y (loyalitas dan kepuasan pelanggan) dengan X5
(Emphaty)
Tabel
4.59
Uji regresi Y (loyalitas dan kepuasan pelanggan) dengan X5 (Emphaty)
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Dari
tabel di atas dapat diketahui bahwa hubungan variabel X5 terhadap variabel Y
memiliki nilai konstanta B sebesar 5,191
dengan std.error sebesar 1,154
sedangkan variabel x5 memiliki nilai B sebesar 0.473, std.error sebesar 0.087 dan Beta
sebesar 0.446.
4.6.2
Multi factor
Berikut ini merupakan tabel uji Multi factor
Tabel
4.60
Uji multi factor variabel entered dan removed
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa variabel x1, x2,
x3, x4 dan x5 berpengaruh signifikan
terhadap variabel Y.
Berikut
ini merupakan tabel uji multi factor
pada model summary
Tabel 4.61
Uji multi factor pada model summary
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa model 1 memiliki
nilai r atau koefisien korelasi
sebesar 0.573, dengan nilai R Square
0.328 adjusted R square 0.299 dan standart error of the estimate sebesar 257,357.
Berikut
ini merupakan tabel uji multi factor pada
anova
Tabel
4.62
Uji multi factor
pada anova
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Dari tabel di atas dapat diketahui
bahwa regression mempunyai nilai sum of square sebesar 369,315, df 5 dan mean square, 73,863 sedangkan pada residunya memiliki nilai sum of square 755,052 dengan df 114 dan mean square 6,623, sehingga diperoleh total dari sum of square adalah 1124,367 dengan
total df sebesar 119.
Berikut
ini merupakan tabel uji coefficients
Tabel 4.63
Uji
coefficients pada variabel
X1,X2,X3,X4 dan X5
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Dari
tabel diatas dapat diketahui bahwa nilai B pada constant yaitu sebesar 0.674, X3 sebesar 0.273, X4 sebesar 0.306
dan X5 sebesar 0.296 karena sebelumya variabel X1 da X2 sudah di removed sehingga Coefficients dapat digambarkan persamaan Regresinya sebagai berikut:
Y
= 0,674 + 0.273 X3 + 0.306 X34 +0.296 X5
= 1.549
4.7
Uji Signifikansi Koefisien Regresi
4.7.1 Uji T
Uji parsial (Uji t-student)
adalah metode pengujian yang dilakukan
untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara individual terhadap variabel
terikat (Ghozali, 2007).
Hipotesis:
H0
: Koefisien regresi tidak signifikan
sehingga variabel atau konstanta independen
mempengaruhi variabel dependen.
H1
: Koefisien regresi signifikan
sehingga variabel atau konstanta independen
mempengaruhi variabel dependen.
Pengambilan
keputusan:
Jika
t hitung > t tabel, maka terima H0
Jika
t hitung < t tabel, maka tolak H0
Berikut ini merupakan tabel T (Uji
t-student)
Tabel 4.64
Uji
T (Uji t-student)
Sumber : Output
SPSS
Analisa:
Tabel diatas merupakan hasil perbandingan dari uji T tabel
dan T hitung, nilai T hitung didapatkan dari outputan SPSS sedangkan
nilai T tabel dilihat dari tabel T dengan ketentuan jumlah kuisoner dikurangi
dengan variabel yang digunakan maka didapatkan nilai T tabel sebesar 1.989 dan dapat
di lihat bahwa variabel X1,X2 dan X3 tidak signitifikan
karena nilai T hitung lebih besar dari T tabel
4.7.2 Uji F
Uji serentak (Uji F) adalah metode pengujian yang
dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara bersama-sama terhadap
variabel terikat (Ghozali, 2007)
Hipotesis:
H0
: Semua variabel independent
mempengaruhi variabel dependent
secara serentak
H1:
Minimal satu variabel independent
tidak mempengaruhi variabel dependent
secara serentak.
Pengambilan
keputusan:
Jika
F hitung > F tabel maka terima H0
Jika
F hitung < F tabel maka tolak H0
Berikut ini merupakan tabel Uji F
Tabel 4.65
Uji F hitung dan F tabel
Analisa:
Tabel diatas merupakan hasil perbandingan dari uji F
tabel dan F hitung dapat di lihat bahwa nilai F hitung lebih besar dari F tabel
maka pengambilan keputusan yaitu terima Ho yang berarti variabel semua Variabel independent (X1,X2 danX3) mempengaruhi variabel dependent secara serentak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar