PENTINGNYA STRUKTUR
ORGANISASI DALAM SEBUAH ORGANISASI
ORGANISASI DALAM SEBUAH ORGANISASI
Istilah
organisasi dan struktur organisasi sering kita dengar dimanapun kita berada.
Baik di lingkungan sekitar rumah, media cetak, media elektronik maupun ketika
kita berada dikampus..Kata organisasi itu sendiri berasal dari bahasa organonyang
dalam bahasa Yunani berati alat. Pengertian organisasi itu sendiri juga sudah
didefinisikan oleh beberapa orang ahli,dibawah ini beberapa pendapat
dari beberapa orang ahli tersebut yang telah mendefinisikan tentang pengertian organisai.:
dari beberapa orang ahli tersebut yang telah mendefinisikan tentang pengertian organisai.:
Chester I. Barnard (1938) dalam bukunya “The
Executive Functions” mengemukakan bahwa : “ Organisasi adalah system
kerjasama antara dua orang atau lebih” (I define organization as a system
of cooperatives of two more persons)
James D. Mooney mengatakan bahwa : “Organization
is the form of every human association for the attainment of common purpose” (Organisasi
adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama)
Dari dua pengertian diatas saya dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa organisasi
adalah suatu sarana kejasama yang digunakan oleh beberapa orang yang
memiliki visi dan misi yang sama guna untuk mencapai tujuan yang sama. Sedangkan
pengertian struktur organisasi adalah susunan kompenen-kompenen unit kerja
dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja
dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang
berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur
organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran
perintah dan penyampaian laporan. Jadi tanpa adanya suatu struktur organisasi
dan manajaemen yang tepat organisasi tersebut akan kacau dan tidak akan
berjalan sebagaimana mestinya bahkan organisasi tersebut bisa bubar
sebab tidak ada pembagian unit-unit kejanya. Dibawah ini adalah gambaran suatu
bagan struktur organisasi yang nantinya akan sedikit saya jelaskan
fungsi-fungsi dari beberapa bagiannya yang penting dari serta visi dan misi
dari suatu organisasi yang bernama DINAS KOPERASI UKM DAN
PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN.
BAGAN STRUKTUR ORGANISASI
DINAS KOPERASI UKM DAN PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN 2008
DINAS KOPERASI UKM DAN PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN 2008
VISI
:
Terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan koperasi usaha
kecil dan menengah
MISI
:
Meningkatkan kualitas kelembagaan koperasi dan UKM.
Meningkatkan peranan koperasi dan UKM yang berdaya
saing
Tugas dari Kepala Dinas
Merumuskan dan menetapkan rencana dan program kerja Dinas Koperasi UKM
Perindustrian dan Perdagangan sesuai dengan kebijakan
Walikota.
Tugas dari Sekretaris
Menyusun konsep rencana kebutuhan anggaran rutin, dan
kebutuhan perlengkapan Dinas.
Tugas dari Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
Menyiapkan dan menyusun rencana anggaran dinas dan formasi pegawai.
Tugas dari Sub Bagian Keuangan
Menyiapkan dan menyusun pendapatan dan belanja rutin dinas serta mengatur dan
mengelola administrasi keuangan dilingkup ketata usahaan
Tugas Bidang Industri Formal
Pemberian perlindungan kepastian berusaha terhadap usaha industri di Bidang Industri
Formal
Tugas Bidang Industri Kecil dan Dagang Kecil Non Formal
Melaksanakan fasilitasi, mediasi dan koordinasi pelaksanaan
kegiatan pembinaan, peningkatan dan pengembangan industri kecil non formal ,
perdagangan barang dan jasa.
Tugas Bidang
Perdagangan
Melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data Perdagangan.
Tugas Bidang Kelembagaan dan Pendaftaran
Memberikan bimbingan terhadap pengelolaan administrasi pembukuan dana
administrasi usaha koperasi.
Tugas Bidang Pengembangan Usaha Koperasi Aneka Usaha dan Simpan Pinjam
Memberikan bimbingan teknis bagi pengembangan usaha koperasi di bidang produksi
dan Jasa, konsumsi dan usaha simpan pinjam.
Tugas Bidang Usaha Kecil dan Menengah
Memberikan bimbingan teknis bagi pengembangan usaha koperasi di bidang usaha kecil
dan menengah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar